Sedikitnya 75 orang tewas setelah gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang pesisir barat Sumatra, 53 kilometer barat laut ibukota Padang.



Ribuan orang masih tertimbun reruntuhan. Ratusan rumah mengalami kerusakan, jembatan ambruk dan warga panik, lapor seorang saksi mata. Listrik padam dan jaringan telekomunikasi putus.

Ibukota Sumatra Barat tersebut memiliki penduduk sekitar 900 ribu orang.



Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia tidak memberikan tanda waspada tsunami. Gempa terjadi di kedalaman 87 kilometer, sehingga sulit terjadi gelombang laut besar.

Selama ini para ahli mengawasi pesisir barat Padang. Sejak gempa kuat Desember 2004 di Aceh, muncul kekhawatiran akan terciptanya gempa dahsyat di patahan Mentawai. Kedua lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia saling bertumbuk di sana, dan sekarang dalam kondisi sangat rawan.


Satu hari sebelumnya juga terjadi gempa di kepulauan Samoa yang menyebabkan tsunami. Puluhan orang sedikitnya tewas dalam bencana alam di kawasan Samudra Pasifik itu.




Responses

0 Respones to "Sedikitnya 75 orang tewas setelah gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang pesisir barat Sumatra, 53 kilometer barat laut ibukota Padang."

Posting Komentar

 

Categories

sponsor mini banner

Sponsor


ShoutMix chat widget
Widget by blogger Tune-Up

Site Info

PageRank
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors